Minggu, 03 Juli 2016

Venustraphobia ( Caligynephobia )



 Venustraphobia disebut juga caligynephobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik. Sama halnya dengan fobia jenis lain, fobia ini juga disebabkan stimulan yang tidak wajar dan tidak membahayakan jiwa.

Rasa takut yang berlebihan dan tidak rasional terhadap wanita cantik. Seperti ketakutan atau fobia lainnya, caligynephobia diciptakan oleh pikiran bawah sadar sebagai mekanisme perlindungan. Biasanya penyebabnya adalah kejadian atau pengalaman buruk di masa lalu yang berkaitan dengan wanita yang menyebabkan trauma psikologis pada penderitanya. Penyebab yang paling sering adalah pernah disakiti dan dilecehkan oleh wanita cantik di masa lalunya.

Mereka yang menderita venustraphobia atau biasanya takut dan sensitive terhadap perempuan, sehingga menghindari kontak fisik, berdekatan dan berada diantara wanita-wanita cantik.

Gejala Caligynephobia atau Venustraphobia:
- Sesak napas, napas menjadi cepat dan pendek
- Detak jantung tidak teratur
- Berkeringat dingin
- Mual
- Ketakutan secara menyeluruh

Meskipun gejala-gejala ini berbeda antara sesama penderita caligynephobia, tapi efeknya jelas akan membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi dan kinerja menurun bila berada di dekat wanita cantik.

Parahnya, Fobia ini tidak hanya kambuh bila berhadapan langsung dengan wanita cantik, tapi juga bisa terjadi bila si penderita melihat wanita cantik di televisi, foto atau video.


Penderita fobia ini sebenarnya bisa disembuhkan. Ada berbagai metode pemulihan untuk membuat penderitanya keluar dari ketakutan, mulai dari hipnoterapi, neuro-linguistic programming, hingga energy psychology. 

Seperti komputer, terapi hipnoterapi dilakukan dengan memprogram ulang alam bawah sadar penderitanya dengan bantuan terapi atau psikolog sebagai mediator. Ketika rasa takutnya telah diprogram ulang, gejalafobia ini akan ditekan seminim mungkin. Neuro-linguistic programming menggunakan kekuatan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut si penderita. 

Sedangkan energy psychology merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia. Metode ini relatif aman. Cara lain yang juga dilakukan untuk penyembuhan adalah menggunakan obat antidepresan, terapi bicara, atau cognitive behaviour therapy. 

sumber:
- http://reallife65.blogspot.com/2009/12/pria-yang-takut-pada-wanita-cantik.html 
- http://mypotik.blogspot.co.id/2011/03/phobia-venustraphobia-phobia-ketakutan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar